Cara Memasang Kabel Front Panel di Motherboard

    Kabel Front Panel merupakan komponen penting pada PC yang sering kali terlupakan pemasangannya. Kabel ini memiliki fungsi yang vital untuk sebuah PC. Melalui kabel ini kita dapat menghidupkan PC dengan menekan tombol power pada bagian casing atau kita dapat me-restart komputer dengan menekan tombol restart. Kabel Front Panel ini sendiri umumnya terdiri dari 4 Pasang Kabel, yaitu :

    1. Lampu LED Harddisk (HDD LED)
    2. Lampu LED Power (POWER LED)
    3. Tombol Reset (RESET SW)
    4. Tombol Power (POWER SW)

Petunjuk pemasangan kabel Front Panel ini sendiri biasanya sudah ada pada Buku Manual Motherboard tersebut. Tapi, sekarang hampir semua motherboard menggunakan standar yang sama dalam peletekan Pin-pin.

up1up2

Kabel Front Panel terdiri dari 10 pin. Sehingga lima pin yang berada dibawah semuanya bernomor ganjil, dari kiri ke kanan bernomor 1-3-5-7-9. Sedangkan pin-pin yang berada pada barisan atas bernomor genap 2-4-6-8-10. Pin yang Kosong adalah Pin 10.

Berikut ini adalah susunan pemasangan Kabel Front Panel :

  • 1-3 Ke Kabel HDD LED
  • 2-4 Ke Kabel POWER LED
  • 5-7 Ke Kabel RESET SW
  • 6-8 Ke Kabel POWER SW
  • Sedangkan Pin 9 dibiarkan Kosong

Pin 1, 2 dan 6 dihubungkan dengan kabel positif, hanya pin nomor 5 yang dihubungkan dengan kabel negatif. Sebaliknya, pada kolom sebelah kanan hanya pin nomor 7 yang terhubung ke kabel positif sedangkan pin nomor 3, 4 dan 8 terhubung ke kabel negatif. Untuk menghafalkannya dapat menggunakan susunan berikut seperti 1-3, 2-4, 5-7 dan 6-8. Positif-negatif, positif-negatif , negatif-positif, dan positif-negatif. Dan sudah pasti hanya pin nomor 5-7 yang susunannya terbalik dari yang lain.

Untuk menentukan kabel positif dan negatif caranya dengan melihat warnanya saja. Kabel negatif umumnya berwarna putih atau hitam. Tetapi jika kabel putih dan hitam menjadi pasangan maka yang putih yang negatifJika tidak ada kabel warna putih atau hitam maka biasanya akan ada warna merah sebagai kabel positif.

Sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/521322851bcb17c510000006/cara-memasang-front-panel-pc

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memperbaiki Error ” Windows cannot connect to the printer “

Susunan Kabel LAN RJ45 Stright dan Cross

Cara Memperbaiki Kode Kesalahan 8007000E di Pembaruan Windows 7